Rabu, 05 September 2012

Tutorial Adobe Photoshop CS6


Seleksi menggunakan Elliptical Marquee Tool dan Mengatur Canvas Size.
Selamat berjumpa kembali sobat,…
Seseuai namanya Elliptical Marquee Tool seleksi ini berbentuk Elip (lingkaran). Langsung saja kita melakukan Experimen pada kasus berikut.
Langkah pertama kita akan membesar ukuran canvas dari dokumen kita.
Klik Image dan klik Canvas Size.

Maka akan muncul jendela Canvas Size, untuk lebih jelasnya ikuti pentunjuk Gambar.

Alsan kenapa opsi Relative harus diaktifkan karena untuk menjaga agar canvas yang diperbesar hanya bagian yang diingin, contoh : jika lebar, lebar saja dan tidak akan menambah tinggi. Arti dari Anchor, anchor adalah arah kemana canvas akan diperbesar sesuai arah panah. Ketika semua anda atur klik OK.
Langkah kedua kita akan menyeleksi object yang berbentuk lingkaran.

Aktifkan Elliptical Marquee Tool, klik dan Trek sampai membentuk seleksi bulat tahan tombol Shift untuk menjadikan seleksi bulat sempurna. Saat anda menyeleksi denga tool ini maka hasilnya tidak 100% dari target benar2 terseleksi. Maka untuk menanggulangi ini Photoshop menyediakan Transform Selection.

Klik Select dan pilih Transform Selection, cara kerja hanya menarik panel-panelnya sampai terbentuk bulat sempurna. Untuk menyudahi tekan enter.
Selanjutnya activekan Move Tool, tekan Alt klik dan trek pada area terseleksi sampai object digandakan. Jika anda melakukanya dengan benar maka object akan digandakan. 

Anda juga bias memasukan perintah lain (Delete, Pewarnaan dll). Untuk menghilangkah seleksi tekan Ctrl + D. untuk seleksi yang lain nyusul bray…. untuk latihan download dimari..

Selamat mencoba dan Sukses.

1 komentar: