Kamis, 09 Agustus 2012

Membuat Laporan Mengguanakn Visual Basic 6.0

Laporan Menggunakan DataEnvironment dan DataReport  
Mencetak data atau membuat laporan ini kita membutuhkan DataEnvironment  dan DataReport  dimana keduanya akan saling berhubungan. Mencetak data disini kita menggambil data dari Table yang sudah anda buat.
Langsung saja kita ke TKP.


Masih menggunakan form Penggabungan, klik kanan pada jedela Project, Pilih Add dan Klik DataEnvironment  jika anda tidak menemukanya maka anda pilih  More ActiveX Designers baru DataEnvironment.
Seperti ini :

Setelah jendela DataEnvironment muncul, Klik kanan pada Connection1 dan Klik Properties ini bertujuan untuk menghubungkan antara DataEnvironment dan DataBase.
Seperti ini :

Pada jendela Data Link Properties Provider Pilih Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider atau Microsoft Jet 3.51 OLE DB Provider dan Klik Next.
Seperti ini :

Dijendela Data Link Properties Connection klik Icon … dan cari DataBase difolder anda. Pastikan anda memilih DataBase yang telah anda buat dan anda simpan pada satu folder bersama Project dan Form. Sedikit tambahan jika anda ingin membuka Data ini pada PC lain atau Komputer lain sebaiknya anda menghapus Link Address sampai hanya tersisa Nama DataBase saja. Kemudian Klik Test Connection setelah koneksi dinyatakan sukses klik Ok dan Klik OK kembali.
Seperti ini :

















Klik kanan kembali Connection1 dan klik Add Command. Pada Command1 klik kanan kemudian pilih Properties. Setelah keluar jendela Command Properties General ganti DataBase Object menjadi Table dan Object Name Pilih Table yang akan anda cetak. Contoh : TRANSAKSI. Kemudian Klik Apply dan Ok. Sekarang DataEnvironment sudah siap didalam command terdapat field dari Table yang anda pilih, field – field inilah yanga akan dicetak.
Selanjutnya Klik kanan kembali jendela Project, pilih Add dan Klik DataReport , setelah DataReport  siap Klik Command tahan kemudian tarik di Detail DataReport  dan Lepaskan atau juga jika anda tidak ingin mencetak seluruh Field maka tarik satu per satu field ke Detail DataReport  kemudian atur letaknya. Tambahkan control Label untuk membuat tampilan DataReport  menjadi lebih menarik.
seperti ini :
















Setelah semuanya sudah anda lakukan dengan benar pada DataReport dijendela Properties rubah DataSource menjadi DataEnvironment dan DataMember menjadi Command1. Tambahkan CommandButton pada form yang ingin datanya anda cetak. Contoh : form dua. pad commandButton tersebut tuliskan syntax berikut 
Syntax ini berfungsi untuk memberikan perintah memunculkan DataReport menjadi sebuah Laporan yang siap untuk dicetak, jika anda ingin mengeditnya editlah pada DataReport. Rubahlah Caption dan Name CommandButton menjadi CETAK dan tuliskan syntax berikut
Private Sub CETAK_Click()
DataReport1.Show
End Sub

Setelah anda melakukan semua tahap ini jalankan aplikasi dan klik tombol CETAK
.
Catatan : untuk ukuran lebar DataReport hanya 16 Cm jika anda lebih dari itu maka aka nada peringatan bahwa ukuran terlalu lebar .Untuk mencetak Data menggunakan SQL Statement dan Penomoran Otomatis yang lebih rumit download disini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar